Pages

Rabu, 12 Januari 2011

TERNYATA BAHASA INGGRIS ITU MUDAH!

Oleh: Rika Januarita Haryati

Bahasa Inggris adalah salah satu pelajaran yang ada dalam kurikulum pendidikan negara kita, Indonesia. Selaku bahasa internasional, bahasa Inggris memang lebih banyak digunakan di seluruh dunia. Maka, wajar jika bahasa Inggris cukup fundamental untuk kita kuasai apalagi jika kita bercita-cita untuk menaklukkan dunia. Sebelumnya, kita harus taklukkan dulu bahasa dunia yaitu bahasa Inggris.

Menurut Yunsirno dalam buku Keajaiban Belajar, bahasa sesungguhnya bukanlah ilmu (knowledge), tapi merupakan skill komunikasi. Artinya, ia membutuhkan banyak latihan. Artinya lagi, orang berkomunikasi melalui bicara (speaking), tentu saja ada yang mendengar (listening), setelah ditemukannya tulisan maka orang berkomunikasi menggunakan bahasa melalui tulisan (writing), dan tentu saja ada yang membaca (reading). Keempat skill inilah yang harus terus diasah.
Lalu bagaimana cara menaklukkan skill komunikasi yang bernama bahasa Inggris tersebut? Cobalah untuk mengamalkan beberapa tips brilian di bawah ini:

1.Mengambil kursus singkat/pendek
Sejumlah kursus-kursus bahasa sekarang tersedia di mana-mana, di universitas, kursus bahasa, bahkan di internet. Internet banyak yang memberi layanan kursus bahasa asing. Silakan ketik kata kunci seperti: learning English, atau belajar Bahasa Inggris online, kursus bahasa Inggris, dsb. Contohnya adalah rumah bahasa online. Nah, ambillah kursus bahasa Inggris ini untuk memulai usaha anda.

2.Mimicking
“I love you,Mom” atau “go away!”. Pernahkah anda sesekali refleks berkata seperti kata-kata tersebut? dengan lafal bahasa Inggris? Pasti pernah. Kita mendengar kata-kata tersebut mungkin awalnya dari orang lain, kita terpengaruh untuk turut mengucapkannya. Itu disebut dengan mimicking. Cara itu sangat efektif bagi anda untuk belajar speaking. Tidak masalah jika terasa masih kacau. Tetap lanjutkan. Skill anda akan cepat terasa dengan praktek secara langsung.

3.Membaca Dengan Suara Keras
Bacalah teks-teks bahasa Inggris dengan suara keras. Teknik tangguh ini tidak hanya mengembangkan ketrampilan-ketrampilan pengucapan kata-kata, berperan untuk meningkatan keterampilan mendengarkan, tatabahasa dan kosa kata juga.

4. Menonton TV
Tontonlah tayangan TV yang menggunakan bahasa Inggris, baik itu berita, laporan ataupun film. Dengan sering menonton pemberitaan dan film dalam bahasa Inggris, anda akan akrab dengan komunikasi ataupun percakapan dalam bahasa Inggris.

5.Mendengarkan Lagu
Dengarkanlah lagu-lagu yang berbahasa inggris. Pilihlah lagu dengan syair yang mudah dan dinyanyikan dengan tempo yang lebih lambat. Anda juga bisa melakukan dengan karaoke bersama teman atau keluarga. Internet dapat membantu anda dalam mencari lagu-lagu bahasa Inggris secara online. Tentu hal ini membuat belajar bahasa inggris anda semakin menyenangkan.

6. Rekreasi Bahasa Inggris
Pergilah ke tempat-tempat yang banyak dikunjungi oleh para penutur bahasa Inggris. Mungkin butuh waktu khusus dan uang ekstra untuk mewujudkan keinginan anda yang satu ini. Maka, menabunglah dari sekarang. Tentu hal ini bisa disiasati dengan berkunjung ke tempat-tempat kursus lokal yang ada disekitar kita. Anda bisa mengajak ngobrol para penutur bahasa Inggris di sana.

7. Membaca
Bacalah buku-buku bacaan yang berbahasa Inggris, baik berupa laporan, berita, opini, novel ataupun tentang tata bahasa. Awalnya memang merupakan aktivitas yang sangat memberatkan. Lama-lama kita akan terbiasa. Ingatlah, bahwa belajar bahasa adalah belajar tentang skill. Selain praktek, tentu kita harus tahu bagaimana cara mempraktekkannya dengan baik. Tanamkanlah dalam hati bahwa bahasa Inggris itu mudah, anda hanya perlu kemauan dan tekad untuk menguasainya.

Bagaimana, anda semakin tertarik untuk menaklukkan bahasa Inggris? Selamat mencoba, lalu anda akan berteriak, ternyata bahasa Inggris itu mudah! Sekali lagi, selamat mencoba dan selamat menaklukkan dunia!

link: www.rumahbahasa-online.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

anak hujan

anak hujan
ceria dibawah sentuhan manis sang hujan