Pages

Minggu, 07 September 2014

WHEN YOU’RE ALONE

Oleh: Rika Januarita Haryati

Ketika kau sendiri, apa yang akan kau lakukan? Mungkin tidur, membaca, atau bersegara menuju keramaian? Well, kemanapun itu.

Ketika kau sendiri, sedang pikiranmu sedang kacau, apa yang akan kau lakukan? Tidur, makan, melamun, atau mencari sahabat untuk membagi kekacauanmu? Oh, maksudku membagi ceritamu tentang keresahanmu. Atau Meminta nasehat? Atau membaca membaca Al Quran?

Ketika kau sendiri, sedang keadaanmu sedang sangat berbahagia, apa yang akan kau lakukan? Segera menghubungi teman dan mentraktirnya makan. Datang ke rumah teman lalu menceritakan betapa bahagianya dirimu. Sholat, makan, atau malah tidur? Membaca atau menulis?

Ketika kau sendiri, lalu teman meneleponmu, apa yang akan kau lakukan? Membiarkannya. Menyambutnya. Menyambutnya untuk memarahinya karena telah mengganggu semedimu?

Ketika kau sendiri, sedang dirimu tak ada agenda keluar rumah, apa yang akan kau lakukan? Sibuk beres-beres rumah, cuci pakaian, cuci motor, motong rumput. Menata lemari, baju dan buku? Membaca dan menulis? Atau bernyanyi?

Ketika kau sedang sendiri,sedang kau sedang malas untuk melakukan apapun, apa yang akan kau lakukan.Duduk melamun? Tidur? Mengutuk diri sendiri? Membaca kisah tokoh-tokoh dunia? Menonton? Atau menyanyikan lagu sendu?

Ketika kau sedang sendiri,sementara kerjaanmu menumpuk, apa yang akan kau lakukan? Tidur. Menonton film lucu. Sibuk menuntaskan kerjaan yang menggunung. Atau malah pergi keluar rumah?

Ketika kau sedang sendiri,sedang kau sedang patah hati, apa yang akan kau lakukan? Menerawang. Tidur.Membaca kitab. Menulis. Atau menangis?

Ketika kau sedang sendiri, sedang kau rindu sekali pada kampung halaman, apa yang akan kau lakukan? Berimajinasi.Melihat foto keluarga. Segera meluncur ke kampung halaman. Berdoa. Atau menulis kisah kerinduan?

Ketika kau sedang sendiri,sedang kau tak mau sendiri, apa yang akan kau lakukan? Berharap agar ada teman yang menelepon. Langsung pergi ke luar rumah, ke toko buku atau ke rumah teman?

Ketika kau sendiri, lakukan apa saja yang tidak merugikan dirimu, orang lain dan alam sekitarmu. Jika pilihan jawabanmu yang terbanyak adalah tidur, mungkin pilihan yang bijak. Karena toh tidak ada yang dirugikan. Tapi jika porsinya terlalu mendominasi, maka kau sendiri yang akan rugi. Kerugian yang tidak kentara. Efeknya bukan sekarang.Tapi nanti, bagi masa depanmu.

Palembang, 8September 2013

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

anak hujan

anak hujan
ceria dibawah sentuhan manis sang hujan