Pages

Selasa, 26 Agustus 2014

CERITA BOLA

Oleh: Rika Januarita Haryati

Aku tidak suka sepak bola karena memang sangat tidak paham permainannya. Apalagi jika harus menonton sendirian, aku lebih memilih tidur dan melupakan masalah bola yang katanya sedang berlaga dangan sepenuh penuh keseruannya. Selain itu, waktu pertandingan dan penayangan live-nya yang sangat larut benar-benar membuatku tak berminat untuk melirik dua kubu yang sedang bertarung di gelanggang. Alasan lainnya karena dulunya sepakbola memang belum sefamiliar sekarang jika dibandingkan dengan bulu tangkis. Alasan lainnya, sederhana saja, karena itu permainan laki-laki. Setidaknya didominasi oleh laki-laki.

Seiring waktu, demam bola selalu terjadi berulang-ulang. Entah dengan adanya Piala Dunia yang empat tahun sekali dirayakan ataupun Piala Eropa belum lagi kompetisi liga-liga. Meski tak ada jagoan yang berasal dari kandang sendiri, masyarakat kita -Indonesia- memang sudah mempunyai klub sepakbola kesayangannya masing-masing. Liga sepakbola dunia yang mereka jagokan misalnya pada liga sepakbola Inggris yaitu liga premier ada Manchester United, Chelsea, Liverpool, dan Arsenal. Liga Italia di Seri A terdapat AC Milan, Inter Milan, AS Roma, Bologna dan Lazio. Oh Ya, plus juaranya yaitu Juventus. Bundesliga yaitu sebutan untuk liga sepakbola tertinggi di Jerman diwakili oleh Bayern Munchen. And the last is La Liga sebutan untuk liga Spanyol, juaranya adalah Real Madrid disusul oleh Barcelona.

Dari semua liga tersebut, tentu saja ada nama-nama yang sangat dikagumi, dan sangat diandalkan. Pemain-pemain terbaik dunia, sebut saja Cristiano Ronaldo, Ronaldinho, Ronaldo, David Beckham (eh ini pemain bola atau artis ya?hehe), Lionell Messi, Zinedine Zidan. Nah, entah mengapa aku suka pada dua nama terakhir. Apalagi yang paling terakhir, Zinedine Zidan. Yang aku tahu, mereka adalah pemain terbaik dunia. Mendapat kehormatan untuk menyandang gelar pemain terbaik dunia FIFA. Mereka dipilih oleh pelatih kompeten dan wartawan dari seluruh dunia dengan kompetensi yang sangat baik, yang berjumlah 50.000 orang. That's amazing.

Zinedine Zidan dinobatkan sebagai pemain terbaik dunia FIFA pada tahun 1998 (Juventus FC), 2000 (Juventus FC), dan 2003 (Real Madrid) dengan posisi sebagai Gelandang (jadi berbahagialah yang pernah jadi gelandang-an :p ). Nah, pemain terbaik dunia FIFA teranyar adalah Lionel Messi dari Klub Barcelona. Ia memenangkan gelar tersebut secara berturut-turut di tiga tahun terakhir yaitu 2009, 2010 dan 2011 dengan posisi sebagai penyerang. Lalu Cristiano Ronaldo dari Klub Manchester United sebagai gelandang, dipilih FIFA di tahun 2008. sedang Ronaldinho dari Klub FC Barcelona dengan posisinya sebagai gelandang, meraih penyematan sebagai pemain terbaik dunia FIFA pada tahun 2004 dan 2005. Ronaldo dari Barcelona, Klub Real Madrid dengan posisi sebagai penyerang, mendapat kehormatan sebagai pemenang FIFA pada tahun 1996 (Barcelona), 1997 (FC Internazionale dan FC Barcelona) dan 2002 (Real Madrid). Nama-nama lain tentu saja masih banyak, tapi rata-rata memang tidak lebih dari satu kali. Dan nama David Beckham ternyata baru sampai pada runner up di tahun 1999 dan 2001.

Bagaimana dengan bayaran para pemain bola itu ya? Terus siapa yang bayarannya paling mahal?bayaran paling mahal ketika transfer klub adalah Cristiano Ronaldo dengan 1,3 Triliyun (80 juta pounsterling). Ia pindah dari MU ke Real Madrid, sekaligus menggeser rekor Zinedine Zidan yang pernah ditransfer dengan bayaran tertinggi. Nah, sekarang kita lihat berapa gaji termahal pemain sepakbola. Jika jawabanmu adalah Lionel Messi, ya, kamu benar sekali. Lionel Messi pernah dicatat sebagai pemain dengan bayaran termahal yaitu 398 miliyar pertahun. Tentu saja itu sebelum rekornya direbut oleh -lagi-lagi- Cristiano Ronaldo yang digaji sebesar sekitar 501,9 Miliyar pertahun. Pemain dengan bayaran mahal lainnya yaitu Ricardo Kaka 227 Miliyar pertahun dan Thierry Henry Rp 216 Miliyar pertahun.

lalu, siapakah yang menjadi pesepakbola paling tampan yang berlaga di EURO 2012?(LOL)

survey yang diadakan oleh sebuah situs berita olahraga terhadap seratus fans wanita.

Ternyata tester menjawab Mats Hummels (Jerman) sebagai pemain tertampan, disusul oleh Joe Harts (inggris), Robin van Persie (Belanda), Cristiano Ronaldo (Portugal), Cesc Fabregas (Spanyol), Leonardo Bonucci (Italia), Theo Walcott (Inggris), Glen Johnson (Inggris), Mario Gomez (Jerman) dan Jesus Navaz (Spanyol).

Wah, sayang sekali Zinedine Zidan sudah gantung sepatu. Pamornya pasti membuat seratus tester tersebut tak bisa menilai yang lain selain dirinya (:D)

Lalu, Klub mana saja yang dapat gelar sebagai Klub terbaik?

Tahun lalu, Manchester United ditetapkan sebagai klub dengan brand value terbaik (wah, bangga nih klub jagoannya terbaik). Begitu juga tahun ini, 2012. MU mengantongi brand value sebesar 672,9 juta euro. disusul Bayern Munchen 617,9 juta euro, Real Madrid 471,7 juta euro, Barcelona 455,9 juta euro dan Chelsea 312,9 juta euro.

Klub sepakbola terkaya di dunia?

Lagi-lagi Manchester United dinobatkan sebagai klub terkaya versi majalah Forbes. Kekayaannya mencapai $2,235 Miliar. Disusul Real Madrid $1,877 Miliar, dan Barcelona $1,307 Miliar.

Wow, fantastic kan?

Ups, dari tadi kita membicarakan pemain-pemain dari luar, padahal kita juga punya tim pemain sepakbola yang cukup bisa diandalkan. Kita mempunyai Sriwijaya FC.Yah, tinggal menunggu timing yang tepat saja untuk kemudian benar-benar menjadi bintang dunia.

Tugumulyo OKI, 2011

NB: ini tulisanku 3 tahun yang lalu. Waktu itu aku sedang tertarik pada sepak bola.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

anak hujan

anak hujan
ceria dibawah sentuhan manis sang hujan