Pages

Kamis, 28 Agustus 2014

HOME SWEET HOME

Oleh: RikaJanuarita Haryati

Entahlah, tiba-tiba saja aku ingin mempunyai rumah sendiri. Home sweet home. Aku tinggal di sana.Membersihkannya. Membeli peralatan masak sendiri. Mengatur barang-barang. Mendesain tata ruangnya. Membuat taman. Membuat kebun. Memelihara ikan atau kelinci.

Ingin sekali rasanya memiliki rumah pribadi. Tidak besar juga tidak apa-apa. Tapi banyak bunga dan sayuran. Pagarnya dirambati oleh bunga atau oleh sayuran yang merambat. Kalau bisa, nanti di beranda belakang ada pohon-pohon yang berbuah.Dan kubayangkan nanti ada semangka yang merambat dengan buah yang besar. Ada anggur yang buahnya menjuntai. Aku memang pengkhayal ya? J

Selanjutnya, didalam rumah ada aquarium kecil yang dihuni oleh ikan cupang yang kecil. Atau di halaman depan ada kolam kecil yang berisi ikan warna-warni. Ikan mas juga boleh. Lalu bayangkan juga ada pot-pot berisi bunga segar yang bergantungan. Wow, asri sekali.

Di dalam dan di luar rumah tidak boleh ada sampah yang berceceran. Jendela rumahnya besar.Sirkulasi udara lancar sehingga tidak perlu memikirkan untuk memasang AC.

Aku akan kembali mengoleksi kaktus, sukulen, agave, dan sansievera. Bahkan jika perlu, nanti kuberi nama ilmiahnya. (Hehe, kurang kerjaan banget ya?). Pada sudut halamana kan kutanam melati dan kemuning. Kalau keduanya berbunga, wanginya akan semerbak kemana-mana. Kalau tidak percaya, cobalah kau tanam sendiri. J

Kalau halaman belakang rumahku kebetulan luas, akan akan menanam durian, duku, dan salam.Ketiganya tumbuhan yang unik. Jarang orang menanamnya. Cobalah perhatikan tanaman di halaman rumah orang lain. Kebanyakan akan kau temui tanaman mangga,sawo, jeruk, jambu, dan tanaman lain yang bisa berbuah dalam ukuran mini. Nanti aku juga berencana menanam pandan, tumbuhan obat-obatan, bumbu dapur lengkap. Gila, kalau dihitung-hitung berarti aku harus punya halaman seluas 1 hektare,itu minimal. It’s okay, step by step.Untuk menghemat lahan, nanti akan kudesain saja tata letak semua yang ingin kutanam. Idih, merepotkan diri sendiri ya J

Sederhana saja rumahku nanti tapi nyaman, sejuk dan segar. Tidak perlu banyak perabot mewah,cukup apa-apa yang diperlukan saja. Misalnya mesin cuci untuk mencuci. Eh kira-kira ada tidak ya mesin pemasak makanan? Selain rice cooker tentunya. Jadi kita tinggal masukkan list mau masak apa saja, lalu tekan tombol ok. Beres deh. Nanti tinggal menunggu menunya matang saja. Ada rendang, sayur asem, nasi, sambal buah. Haha.

Semoga nanti ada beberapa lukisan yang mempermanis dinding ruang tamu. Aku sudah punya beberapa lukisan mungil yang keren. Memang sih masih karya orang lain. Kalau ada waktunya, nanti aku juga akan belajar melukis. Wah, pasti akan menjadi momen yang mengasyikkan.

The last, di rumah harus ada perpustakaan kecil pribadi. Kalau melihat bayak buku berdiri berjajar, cukuplah rasanya. Serasa menjadi orang terkaya di seluruh dunia. Melihat bukunya saja hati sudah merasa senang. Seperti melihat cahaya berpendar-pendar ingin segera keluar dari buku lalu menerangi dunia. Ohmy god. So, you may say I am a dreamer.

Palembang, 11November 2013 pk.15.30 (Ba’da ‘Ashar)

NB: Lucunya adalah ketika aku menuliskan tentang masakan rendang, sayur asem dan sambal buah diatas, ternyata keesokannya tanteku memasak sama persis apa yang kubayangkan. Subhanallah :D
mudah-mudahan saja itu juga berlaku untuk home sweet home. I believe that what is our thinking about, sometimes, will be come to us. A dream will be come true. Although we all dont know, when it will be happening.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

anak hujan

anak hujan
ceria dibawah sentuhan manis sang hujan