Pages

Rabu, 06 Agustus 2014

OH, MY NAME

Oh, My Name

Oleh: Rika Januarita Haryati

Namaku sebenarnya simple. Memang panjang. Tapi tidak susah dituliskan dan juga tidak rumit dilafalkan.

Namaku memang sekilas seperti nama dalam bahasa Jawa. Wajar. Rumahku di Tugumulyo Kabupaten Ogan Komering Ilir diapit oleh oleh orang-orang Jawa. Ajaibnya, aku bisa berbahasa Jawa. Meski cuma bahasa pergaulan, bukan kromo inggil. Bahkan logatnya juga bisa. Jadi, aku sangat maklum jika orang-orang yang mengenalku mengira bahwa aku gadis Jawa. Padahal, aku tidak punya garis darah Jawa.

Kembali ke namaku. Meski namaku sederhana, banyak orang yang salah dalam menuliskannya. Misalnya:
~Rika Januarika H
~Rika Januarti H
~Rita Januarita H
~Rika Janwarita H
~Rika Januarta Hariyati (KTP)
~Rika Januarita H. Aryati
~Rika Januarita Hariyati (Rek)
~Rika Januarti Haryati
~Dll, masih banyak inovasi yang lain

Terbayangkan capeknya untuk membetulkan namaku agar sesuai dengan akte kelahiran. Maka biasanya biar mudah, kalau yang tidak perlu nama lengkap, aku hanya menuliskan Rika JH saja. Biar singkat. JH (Jeha) adalah panggilan kesayangan teman-teman di kampus.

Ada yang bertanya:"Ayuk, nama sepanjang itu apa artinya sih?"

Untuk zaman sekarang, namaku tidak terlalu panjang. Tapi di zamanku waktu kecil, namaku paling panjang satu kampung. Yang bisa menandinginya hanya nama saudara-saudaraku.

Baiklah, aku terangkan artinya. Ini nama keren sekali , hanya orangnya saja yang belum keren. Masih kurang unsur N. Jadi sampai sekarang masih kere.

Here we go. Kata Rika ini sangat terkenal sekali. Banyak negara terinspirasi oleh kata ini, Amerika Serikat, Kosta Rika, Puerto Riko (ketiga negara ini berada di benua Amerika) dan Afrika. Bahkan dua dari lima benua di dunia menggunakan kata ini yaitu benua Amerika dan Afrika.

Rika (Denmark) berarti abadi, sendiri, penguasa. Dalam bahasa Swedia berarti penguasa, pemimpin agung. Menurut bahasa kita tercinta, Indonesia, berarti: perasaan pada keadilan, damai, sejahtera. Maka dalam kata Jerman, Roderica berarti raja yang masyhur. Sarika dalam kata Hungaria berarti putri raja. Oh ya, di Jepang, Rika berarti berkah yang berharga.

Kata Januarita diambil dari nama bulan pertama dalam kalender Masehi karena aku terlahir di bulan tersebut. Mungkin agar orang-orang mudah menebak bulan kelahiranku. Jadi kalau orang baru berkenalan denganku, refleks mereka akan bilang: "pasti lahir di bulan Desember kan?"

Haryati. Nah ini nama Jawa. Berasal dari kata aryo/arya atau haryo/harya yang berarti berhati mulia atau yang mulia. Banyak digunakan untuk nama gelar raja keraton atau bangsawan Jawa. Misalnya Kanjeng Gusti Pangeran Haryo atau Gusti Raden Mas Haryo atau Kanjeng Raden Haryo Tumenggung, dll. Masih ingat kan nama Aryo Kamandanu atau Aryo Dwipangga yang terkenal dalam kisah kerajaan Singosari?

Nah, akhirnya marilah kita simpulkan agar tiada lagi kesalahan demi kesalahan berulang-ulang. Agar tiada menjadi nila setitik rusak susu sebelanga. Mulai lebay.

Seorang perempuan, pemimpin agung yang lahir di bulan Januari, berhati mulia, mendalam perasaannya pada keadilan, kedamaian, kesejahteraan, semoga dapat menjadi berkah yang berharga dan abadi.

Aamiin

Terima kasih Papa-Bundaku sayang atas nama yang indah nan cindo nian ini.

Terima kasih sudah membaca.

Tugumulyo OKI, July 7,2014
9 Ramadhan 1435 H

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

anak hujan

anak hujan
ceria dibawah sentuhan manis sang hujan