Pages

Kamis, 14 Agustus 2014

MAHASISWA ABADI

Mahasiswa Abadi (PartI)


Oleh: Rika JanuaritaHaryati


Mungkin ada yang senyum-senyum sendiri membaca judul di atas. Judul yang disematkan untuk mahasiswa yang menamatkan studinya dalam rentang waktu lebih dari 10 semester. Well, pada tahun-tahun reformasi, hal tersebut adalah hal yang lumrah. Biasa saja.


Banyak mahasiswa yang berlama-lama studi di universitas, terutama kalangan aktivis. Alasannya,tentu saja berhubungan dengan pengkaderan organisasi kemahasiswaan. Atau adajuga sih yang mengaku bahwa sengaja menjadi mahasiswa abadi karena mendapat fasilitas yang menguntungkan atas status tersebut, misalnya beasiswa.


Selain itu, ada alasan lain juga, opurtunitis sih memang, misalnya membangun jaringan dengan pejabat pemerintahan. Kalau berstatus sebagai mahasiswa kemungkinan besar selalu dapat memotong jalur protokoler yang ribet dan panjang. Lah kalau misal si pejabat tidak mau menemui, tinggal di demo saja, beres kan?


Alasan lain adalahkarena studinya itu sendiri. Misalnya masa penelitian yang panjang. Ada temankuyang mengambil penelitian mikrobiologi. Bakteri atau jamur yang ia tanam tidaktumbuh dengan baik. Maka ia mengulang kembali prosedur dari awal sambil nangisbombay, karena kalau sampai menangis betulan, dia bakal diminta menutup pintulaboratorium dari luar.


Ada juga yang tidakpunya alasan mengapa bisa menghabiskan waktu yang cukup lama. Ternyata ia lupa kalau belum membuat skripsi karena terlalu keasyikan berbisnis. Apalagi bisnisnya sama sekali tidak membutuhkan gelar, hanya membutuhkan skill yang sekarang sudah dimiliki serta pengalaman, yang sekarang sedang ia eksplorasi.


Aduh, kalau mau kita list, akan lebih banyak dan ramai lagi alasan yang lain.


Nanti kita lanjutkan kembali, insya Allah.
At home, 24 April 2014 pk 04.00

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

anak hujan

anak hujan
ceria dibawah sentuhan manis sang hujan